Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi

cara memindahkan aplikasi ke kartu sd xiaomi

Berikut ini panduan cara memindahkan aplikasi ke kartu sd Xiaomi Note 5A, Xiaomi 6, Xiaomi Redmi 7A tanpa melakukan root pada smartphone.

RAM dan memori internal pada perangkat Xiaomi memiliki kapasitas yang terbatas. Namun karena kapasitas penyimpanan internal yang terbatas, penginstalan aplikasi baru harus tertunda karena peyimpanan pada kartu memori sudah penuh.

Banyak cara yang dilakukan dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan mendapatkan aplikasi baru yang disediakan oleh Play Store.

Untuk kalian yang ingin memasang aplikasi baru tanpa harus menghapus aplikasi lama yang masih sering digunakan, salah satu solusi paling direkomendasikan adalah memindahkan aplikasi ke kartu SD atau penyimpanan eksternal.

Jika kalian tidak tahu cara memindahkan aplikasi ke penyimpanan internal ponsel kalian (kartu SD), ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tips Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi Tanpa Root

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi

Untuk memimdahkan aplikasi ke kartu memori internal (kartu SD) sebenarnya banyak cara, pada artikel ini sudah mengumpulkan beberapa cara yang pasti nya mudah untuk dilakukan.

Cara yang pertama dapat kalian lakukan tanpa melakukan root pada smartphone. Caranya cukup mudah hanya memerlukan PC kalian dengan sistem operasi Windows untuk menjalankan sistem script khusus.

Script ini dilakukan untuk dapat membaca format yang terdapat pada peyimpanan memori internal (kartu SD).

Semua data yang telah disimpan pada kartu SD akan hilang, oleh karena itu sebaiknya cadangkan data penting yang disimpan di kartu SD terlebih dahulu. Semua akan terhapus karena kartu SD akan diformat sehingga dapat digunakan untuk menyimpan aplikasi.

1. Gunakan Aplikasi Format Kartu SD

Sebelum melakukan pemindahan ke memori internal kalian harus lakukan format yang ada pada kartu SD dengan menggunakan aplikasi format kartu SD yang dapat digunakan untuk menyimpan aplikasi. Untuk script nya, “Tekan Disini”.

Gunakan file di atas dan unzip dengan aplikasi Winrar atau aplikasi lain yang tersedia di PC. Lakukan ekstrak pada file dan jalankan file dalam nama “aftiss”.

2. Aktifkan USB Debugging

Selanjutnya mengaktifkan fitur USB debugging yang terdapat pada menu pengaturan Developers Options. Untuk mengaktifkannya, kalian harus mengaktifkan opsi pengembang terlebih dahulu.

Semua jenis ponsel Xiaomi telah dilengkapi dengan fungsi USB debugging. Fungsi ini berguna untuk menghubungkan HP ke PC yang menjalankan Android SDK untuk operasi lanjutan.

Baca Juga :  10 Cara Meningkatkan Kualitas Video

3. Menghubungkan Smartphone Xioami ke Laptop/PC

Sesudah diaktifkan, hubungkan smartphone kalian ke komputer pada kabel USB. Saat sudah terkoneksi, buka script yang kalian dapat tadi.

4. Jalakan Perintah Format

Ada tiga nomor yang bisa dipilih, kalian dapat memilih pada salah satunya. Setiap angka terdapat arti yang berbeda. Lihat detailnya di bawah.

1 = 10% dari kartu SD dapat digunakan untuk penyimpanan internal
2 = 50% dari kartu SD dapat digunakan untuk penyimpanan internal
3 = 90% dari kartu SD dapat digunakan untuk penyimpanan internal

5. Gunakan Aplikasi Bantuan Activity Launcher

Sekalipun kalian telah memformat kartu SD yang dapat digunakan sebagai memori internal, aplikasi tersebut tidak dapat pindah dengan otomatis. Ggunakan aplikasi Activity Launcher untuk dapat memindahkannya dengan cara manual.

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis yang bisa didapatkan pada Google Play Store tanpa membutuhkan akses root.

6. Lakukan Pemindahan Aplikasi Kedalam Kartu SD

Setelah kalian menggunakan aplikasi Activity Launcher, pilih dengan menekan menu pengaturan All Activities untuk dapat mengaktifkan pengaturan yang tersembunyi pada smartphone kalian.

Kemudian pilih menu Setttings dan pilih menu Manage Apps. Pada pilihan ini kalian dapat memilih berbagai aplikasi yang ingin kalian pindahkan kedalam kartu SD.

Jika sudah kalian dapat memilih pilihan Storage sebagai tempat penyimpanan. Sekarang kalian akan melihat tombol di Change untuk mengubah penyimpanan ke dalam kartu SD.

Langkah terakhir kalian pindahkan aplikasi ke dalam kartu SD yang sudah kalian siapkan sebagai tempat penyimpanan.

Tunggu beberapa waktu sampai proses pemindahan selesai. Setelah itu akan ada informasi bahwa penyimpanan akan diubah ke dalam kartu SD.

Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi

Jika menurut kalian cara diatas terlalu susah untuk di ikuti, ada cara kedua dimana cara ini cukup mudah untuk kalian lakukan. Ikuti langkah dibawah ini:

  1. Buka menu Pengaturan dan scroll kebawah hingga kalian menemukan pilihan menu Aplikasi.
  2. Setelah itu klik menu aplikasi dan pilih aplikasi yang kalian ingin pindahkan ke kartu SD.
  3. Selanjutnya pilih menu “Pindahkan ke Kartu SD” dan menunggu beberapa menit hingga proses pemindahan selesai.
  4. Selesai.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori SD

Tidak semuanya memiliki HP Xiaomi yang memori internal nya besar, contohnya Xiaomi 4X dan Xiaomi 5A. Oleh karena itu kalian harus memindahkan beberapa aplikasi yang ada pada ponsel kalian ke dalam memori SD Card.

Berikut ini langkah-langkah yang harus kalian ikuti:

  1. Membuka “File Manager” pada menu pengaturan yang ada di ponsel Xiaomi kalian.
  2. Temukan aplikasi yang ingin kalian pindahkan ke kartu SD atau memori internal tambahan.
  3. Tekan lama aplikasi yang kalian ingin pindahkan.
  4. Kemudian sebuah opsi akan muncul di bagian bawah layar. Klik “Pindahkan”.
  5. Selanjutnya pilih pindah ke kartu memori SD.
  6. Pilih “Tempel” di folder pada kartu SD pilihan kalian.
  7. Selesai.
Baca Juga :  Cara Menghubungkan Dua Speaker Bluetooth Ke Satu Perangkat

Dengan metode di atas, kalian telah berhasil memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal Xiaomi ke kartu SD. Saat aplikasi yang akan dipindahkan tidak ada di file manager, hal ini biasanya kalian dapat melakukannya dengan root pada smartphone kalian.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu Memori Di HP Xiaomi

cara memindahkan aplikasi ke kartu sd

Mengapa tidak untuk direkomendasikan cara untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi tanpa root? Karena menurut para pengembang yang sering oprek-oprek HP Xioami nya mereka berpendapat bahwa penyimpanan eksternal akan tidak stabil.

Oleh karena itu hanya di rekomendasikan beberapa cara dengan bantuan pihak ketiga atau aplikasi tambahan seberti dibawah ini.

1. Menggunakan Bantuan Pemindah Aplikasi Ke SD Card

Untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD yang ada di HP Xiaomi dengan cara pindahkan aplikasi ke kartu card dengan menggunakan berbagai aplikasi yang ada di Google Play Store. Hal ini dilakukan karena tidak perlu melakukan root pada ponsel agar proses nya lebih aman.

Aplikasi yang dapat kalian gunakan yaitu Link2SD karena aplikasi ini cukup mudah digunakan. Cukup pilih aplikasi dan pindahkan ke penyimpanan eksternal. Jika aplikasi tersebut menurut kalian susah kalian juga dapat menggunakan aplikasi AppMgr iII.

2. Optimasi Penyimpanan Memori Internal

Jika kalian tidak ingin melakukan dengan bantuan pihak aplikasi ketiga, yang dapat kalian lakukan selanjutnya yaitu dengan mengoptimasi penyimana memori smartphone kalian.

Hal ini dapat kalian lakukan dengan memilih beberapa aplikasi, foto dan video yang menurut kalian sudah tidak terpakai lagi untuk menghapus nya.

Cara ini dilakukan cukup mudah dan memang paling aman, karena untuk melakukan root pada ponsel Xiaomi kalian membutuhkan pengetahuan yang lebih luas kalau tidak nanti nya dapat membuat ponsel kalian akan blank atau mati total karena salah sistem.

3. Menggunakan Penyimpanan Online

Cara ketiga ini merupakan cara yang cukup simpel dan mudah untuk dilakukan, banyak pengguna nya yang tidak terpikirkan cara ini.

Kalian dapat menghemat penyimpanan memori internal kalian dengan menyimpan foto, video dan beberapa dokumen yang besar di tempat penyimpanan online. Hal ini dapat mengosongkan memori internal kalian.

Pemindahan secara online ini dapat memudahkan kalian untuk memindahin data tanpa bantuan aplikasi dan kartu SD tambahan.

Kesimpulan

Baiklah sekian pembahasan tentang cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi, kalian dapat melakukan nya dengan cara manual dan bantuan aplikasi atau dengan melakukan root pada smartphone kalian.

Menggunakan root pada ponsel sangat tidak direkomendasikan karena jika kalian salah pada saat melakukannya dapat membuat smartphone kalian akan rusak atau blank yang membuat nya tidak bisa hidup. Tetap memilih cara yang menurut kalian mudah ya.

Baca juga:

You May Also Like

About the Author: Aldino Rizki

Menyukai dunia bloging, aktif menulis informasi seputaran dunia teknologi

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *