Cara Mengatasi Fastboot Xiaomi Semua Tipe

cara mengatasi xiaomi fastboot

Kenapa HP Xiaomi muncul tulisan Fastboot terus? Tenang saja, jangan khawatir karena ada cara mengatasi Fastboot Xiaomi untuk semua tipe Xiaomi 4X, 5A, 6A, Note 7, Redmi Note 8.

Buat kalian yang sudah paham Android pasti tahu apa itu Fastboot di ponsel Xiaomi. Karena ini memang salah satu fitur dasar dari sistem. Sekilas tentang fastboot, biasanya dilengkapi dengan SDK (Software Development Kit) yang berfungsi sebagai Recovery atau pemulihan.

Recovery adalah sistem dasar yang berfungsi untuk mengubah perangkat lunak di HP. Misalnya mengganti partisi, melakukan flashing ulang sistem, dan lain sebagainya.

Biasanya mengatasi HP Xiaomi fastboot ini bisa digunakan untuk melakukan flashing custom recovery, seperti menggunakan ClockworkMod atau fastboot di smartphone Xiaomi.

Masih bingung? Simak ulsan dibawah ini untuk lebih paham mengenai Fastboot pada Xiaomi.

Kenapa Penyebab Xiaomi Fastboot?

Penyebab HP Xiaomi fastboot bisa bermacam-macam. Penyebab yang sering terjadi karena tiga kemungkinan berikut yaitu:

Pertama kalian menekan tombol volume bawah saat ponsel baru dihidupkan. Yang kedua kalian masuk fastboot tiba-tiba karena masalah pengisian daya. Dan yang terakhir sistem Android mengalami kesalahan yang tidak dapat dimuat dengan benar.

Fastboot juga dapat terjadi dengan sengaja atau tidak. Misalnya dengan menekan kombinasi tombol secara tidak sengaja atau kalian memang sengaja ingin menekannya.

Bagaimana Cara Mengatasi Xiomi yang Fastboot?

cara mengatasi fastboot xiaomi

Jika kalian bandingkan dengan metode fastboot pada merk HP lainnya. Kebanyakan merk HP lainnya menggunakan sistem operasi Android, berbeda dengan Xiaomi yang menggunakan sistem MIUI.

Terkadang HP Android Xiaomi masuk ke mode fastboot. Hal tersebut bisa terjadi karena kalian tidak sengaja menekan kombinasi tombol di ponsel kalian atau mungkin karena ada kesalahan software.

Seperti ponsel Xiaomi yang selalu masuk ke mode fastboot setiap kali reboot.

Sebenarnya cara mengatasi HP Xiaomi yang stuck di mode fastboot ini cukup mudah bagi pengguna yang menyukai bidang perbaikan HP Android.

Namun bagi orang yang masih belum paham dengan perbaikan Android milik Xiaomi ini tentunya bisa menimbulkan kepanikan. Seolah-olah hp kalian sudah rusak.

Secara sekilas ponsel yang sedang dalam mode fastboot mungkin saja mengalami error, padahal tidak demikian. Fastboot bukanlah sebuah kerusakan pada HP yang masih bisa digunakan selama sistem masih normal. Berikut ada 3 cara untuk mengatasi mode fastboot pada ponsel Xiaomi:

Baca Juga :  Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi

Cara Mengatasi Fastboot Xiaomi.

1. Dengan Kombinasi Tombol Power dan Volume

Xiaomi merancang pengguna untuk bisa masuk ke fastboot menggunakan kombinasi tombol tertentu. Begitu juga dengan cara keluarnya.

Caranya yaitu seperti dibawah ini:

  1. Saat HP Xiaomi dalam mode Fastboot, tekan tombol Power + volume bawah.
  2. Kemudian tunggu sampai HP ngerestart sendiri.
  3. Saat logo MI sudah muncul, maka lepaskan tombol yang ditekan tadi.
  4. Lalu tunggu sampai HP selesai loading sistem.

Untuk tombolnya lainnya dapat kalian menggunakan tombol power + volume bawah dan juga dapat menambahkan tombol Power + Volume bawah dan atas.

Kalian juga bisa melakukan dengan cara lain seperti berikut:

  1. Tekan tombol power selama 10 detik saat HP Xiaomi masuk pada mode Fastboot.
  2. Kemudian tunggu beberapa saat hingga hp mati.
  3. Setelah itu hidupkan kembali HP seperti biasanya.
  4. Kemudian mode Fastboot akan hilang.

Kedua cara ini bisa digunakan dan support untuk semua tipe HP Xiaomi yang tidak sengaja masuk ke mode Fastboot. Ini telah diuji pada HP Xiaomi seperti Redmi 5a dan 4x dan lainnya.

2. Dengan Menggunakan Perintah Pada CMD

Jika cara pertama belum bisa, cara yang ini kalian dapat menggunakan komputer dan menjalankan perintah di Command Prompt (CMD) tanpa menggunakan tombol power.

Cara ini bisa dikatakan efektif dan aman. Tetapi kalian membutuhkan beberapa persiapan yaitu:

Kabel data USB untuk menghubungkan HP dengan komputer agar dapat mendeteksi HP di komputer. Kemudian di komputer pastikan ada data ADB Fastboot Driver. Jika kalian tidak punya, kalian bisa unduh terlebih dahulu.

Untuk langkah-langkah menggunakan perintah CMD yaitu:

  1. Klik kanan pada File ADB Fastboot, lalu di Ekstrak terlebih dahulu.
  2. Buka folder fastboot.
  3. Hubungkan HP Xiaomi yang macet di mode Fastboot tadi dengan kabel data pada komputer.
  4. Pada Folder ADB Fastboot lakukan Klik Kanan lalu pilih Open Command Windows Here.
  5. Setelah itu akan muncul Command Prompt dan ketik fastboot devices pilih Enter.
  6. Selanjutnya ketikkan perintah fastboot reboot dan pilih Enter.
  7. Setelah itu tunggu sampai proses restart Xiaomi selesai.

3. Dengan Cara Melepas Baterai

Sebagian dari HP Xiaomi banyak menggunakan baterai tanam. Namun untuk tipe Xiaomi yang lama terdapat juga yang masih bisa di lepas. Jika kalian menggunakan Xiaomi tipe ini, coba lepas baterainya saat HP dalam mode fastboot.

Baca Juga :  Cara Transfer Pulsa 3 Ke Telkomsel Terbaru 2020

Kemudian pasang kembali baterai tersebut. Ketika HP dalam keadaan mati silahkan tekan tombol power untuk menghidupkan HP. Dengan demikian fastboot akan hilang dan ponsel akan masuk ke sistem semula.

Cara ini sebenarnya bisa digunakan pada baterai tanam. Tapi kalian harus melepas casingnya dulu dan ini tidak recommended untuk yang belum terbiasa.

Solusi lain bisa di coba dengan cara tunggu sampai baterai HP Xiaomi habis terlebih dahulu, kemudian nyalakan lagi setelah di charge.

Kenapa HP Xiaomi Fastboot Terus?

Fastboot terus-menerus atau berulan-ulang, hal ini bisa dikatakan salah satu jenis HP Xiaomi megalami Bootloop.

Ciri-cirinya biasanya saat kita mencoba keluar dari mode Fastboot, HP akan kembali ke mode Fastboot lagi.

Pada yang satu ini penyebabnya adalah kesalahan sistem. Kesalahan ini membuat ponsel tidak dapat memuat sistem dan akhirnya terus membuka Fastboot sebagai cara alternatif.

Untuk cara yang paling efektif yaitu mengatasinya dengan Flashing ulang.

Contohnya HP Xiaomi Redmi 4A yang setiap kali di restart akan muncul mode fastboot. Meskipun sudah mencoba reboot melalui recovery mode dan melalui bantuan komputer, tetap saja pada saat restart selalu kembali ke fastboot mode.

Untuk solusinya, setiap restart selalu masuk ke mode fastboot yaitu dengan menekan tombol power sekitar 30 detik. Bahkan bisa sampai kurang lebih 1 menit.

Selanjutnya HP akan bergetar dan akan melakukan reboot namun tetap masih masuk kembali ke mode fastboot.

Biarkan saja berulang kali masuk ke mode fastboot dan tahan terus tombol power hingga muncul logo MI yaitu logo Xiaomi. Saat logo MI Xiaomi muncul, segera lepaskan tombol power. Ini dilakukan agar Xiaomi tidak masuk dan terjebak di mode fastboot lagi.

Kesimpulan

Demikian penjelasan cara mengatasi HP Xiaomi yang fastboot. Tidak perlu takut apabila terjadi hal seperti itu jika memang benar-benar sistem sebelumnya normal.

Kecuali jika sistemnya memang error. Kalian dapat melakukan untuk ambil langkah dengan melakukan flashing ulang HP.

Cara ini sebagian cara sudah dicoba oleh para pengguna Xiaomi dan berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Baca Artikel Lainnya:

You May Also Like

About the Author: Aldino Rizki

Menyukai dunia bloging, aktif menulis informasi seputaran dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *