Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna

Paduan cara mengatasi warna tinta printer tidak sempurna secara lengkap di Epson L120, L310, L360 dan Canon g2000, IP2770, MP287 yang sering terjadi.

Masalah tinta yang paling umum terjadi pada sebuah printer yaitu warna tidak keluar. Beberapa masalah yang umum terjadi antara lain warna tinta printer bocor dari cartridge dan mengeluarkan warna tinta tidak sempurna.

Biasanya, kalian sering mencetak dokumen atau foto berwarna dengan printer. Tentunya kalian membutuhkan kesempurnaan warna pada hasil cetakan kalian. Jika dibiarkan, pasti akan menjadi masalah bagi kalian nantinya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa cara mengatasi warna tinta printer yang kurang sempurna.

Tips Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna

Berikut ini akan dijelaskan berbagai tips dan cara untuk mengatasi warna tidak sempurna pada printer epson dan canon. Kalian dapat memilih sesuai yang menurut kalian mudah.

Cara pertama mengatasi warna tinta printer tidak sempurna

  1. Buka file yang ingin kalian print atau cetak, klik file tersebut, lalu pilih cetak.
  2. Di sudut kanan atas, klik tab Properti.
  3. Pilih Maintenance dan kemudian Cleaning. Pada tahap ini, cartridge sedang memompa tinta untuk mengeluarkannya, sehingga dalam prosesnya, tinta yang membeku keluar dari cartridge. Jika proses berjalan lancar, printer akan pulih dan kembali normal. Namun, kalian disarankan untuk mengulangi proses ini beberapa kali untuk hasil terbaik.
  4. Sekarang kita telah mengikuti metode yang diuraikan di atas, mari verifikasi hasil pembersihan dengan memilih pemeriksaan nozzle dan kemudian mengklik Pola Verifikasi Cetak. Kemudian printer mencetak atau mencetak banyak warna. Jika salah satu dari warna-warna ini masih berbintik-bintik, berarti printer masih belum sempurna.
  5. Jika langkah di atas masih belum berhasil, lakukan cara ini dengan memilih deep cleaning. Cara kerja deep cleaning hampir sama dengan pembersihan biasa. Perbedaannya terletak pada proses kerjanya. Pembersihan tingkat dalam bekerja bahkan untuk pembersihan berat. Saat kalian sudah melakukan pembersihan menyeluruh, jangan lupa untuk melakukan tes ulang dengan mengklik tes nozzle.

Cara kedua mengatasi warna tinta printer tidak sempurna

Jika metode deep cleaning masih tidak berhasil, kalian dapat melakukan dengan metode manual. Metode ini mengharuskan perendaman cartridge dalam air hangat selama beberapa menit. Hal ini untuk melelehkan tinta yang membeku di lubang ink jet / nosel.

Baca Juga :  Cara Menyambungkan Printer Ke Laptop

Cara manual ini untuk kerusakan yang disebabkan oleh tinta yang terlalu lama membeku di dalam cartridge. Untuk mencegah lubang cartridge membeku, printer harus digunakan sesering mungkin dan semua warna harus dicetak minimal setiap 1 hari.

Pastikan untuk memeriksa printer secara teratur, terutama cartridge printhead. Bersihkan dengan tisu setidaknya seminggu sekali.

Mengapa Hasil Cetakan Tidak Sempurna?

Dalam kebanyakan kasus, penyebab utamanya adalah tinta mengering. Selain itu, ada juga beberapa alasan mengapa tinta tidak menetes, antara lain rusaknya tabung tinta dan adanya gelembung pada tabung tinta.

Gelembung tinta ini membuat tinta tidak mengalir dengan lancar, seperti orang yang terserang penyakit, sehingga tinta tidak keluar dengan lancar.

Sangatlah penting untuk tetap merawat printer terutama print head atau cartridge. Perawatan terbaik adalah menambahkan tinta secara teratur, memeriksa nosel, dan mencetak bukti warna setidaknya sekali seminggu.

Jarang atau tidak pernah digunakan untuk mencetak pada printer juga dapat memacu kerusakan. Jika kalian mencetak terlalu banyak, tinta di dalam cartridge tidak akan bocor atau tersumbat.

Namun, jika kalian tidak pernah atau jarang mencetak, ini juga dapat menyebabkan masalah pada cartridge. Saat kalian membuka segel cartridge yang baru saja kalian beli, udara segera masuk.

Udara yang masuk dapat menyebabkan tinta mengering dan menggumpal. Jika demikian, tinta di dalam cartridge tidak akan keluar dengan sempurna, lebih parah lagi tidak akan keluar sama sekali.

Beberapa Masalah Pada Printer Yang Tidak Keluar Warna

Cara mengatasi warna tinta printer tidak sempurna biasa nya memiliki sedikit masalah, berikut ini kami sudah mengumpulkan beberapa masalah yang sering terjadi yang membuat printer tidak sempurna atau tidak keluar.

Masalah dengan head printer

Jika berbicara masalah-masalah yang ada pada printer terutama area head printer banyak sekali jenisnya, tapi biasanya masalah tidak muncul ketika cartridge baru digunakan.

Hal ini sama jika belum diisi ulang, lain halnya jika kalian sudah menggunakan cartridge lama dan sudah dicetak lembaran. Jika iya, hasil cetakan tergores kemungkinan besar dikarenakan head printer sudah tidak layak pakai lagi.

Namun jika kalian memiliki keraguan dan ingin mengetahui dengan pasti apakah head printer benar-benar tidak bisa bekerja atau rusak. Cari tahu dengan membaca karakteristik cartridge yang rusak. Jika ini masalahnya, kalian harus menggantinya dengan cartridge baru.

Baca Juga :  Cara Reset Printer IP2770

Over Ink

Mungkin baru pertama kali mendengar kata Over Ink adalah kelebihan tinta pada cartridge, atau terlalu banyak tinta pada saat kalian mengisinya.

Sebelumnya kalian harus mengetahui dulu bahwa cartridge canon berbeda dengan cartridge printer epson. Prinsip pengoperasian cartridge canon tidak jauh berbeda dengan spidol, karena terdapat mangkuk pengisap di dalam cartridge yang menyerap semua tinta yang dikandungnya.

Jika terlampaui, tinta akan bocor keluar dari head dengan sendirinya. Dalam hal ini head tidak dapat berfungsi secara maksimal. Untuk mengatasinya, caranya sangat sederhana.

Yang perlu kalian lakukan adalah menghilangkan sebagian tinta dari cartridge dengan sekali suntikan, kemudian bersihkan head dua kali, dan kemudian lakukan tes nozzle.

Lubang angin terlalu besar

Pemberian ventilasi juga sangat berpengaruh di sini. Padahal jika tinta di dalam cartridge belum penuh, efeknya tidak akan terlihat.

Namun jika diisi dengan lengkap hasilnya tidak akan sempurna. Mengapa? Logikanya sangat sederhana. kalian perlu tahu seperti apa airnya. Semakin lebar atau kuat angin menembus cartridge, semakin mudah tinta printer mengalir melalui head dan memungkinkan tinta membanjiri.

Lalu bagaimana membuat lubang ideal berdasarkan referensi, semakin kecil semakin baik. Jadi kalau mau bikin lubang saat mau isi ulang cartridge tinggal sesuaikan ukuran dengan jarum suntik kalian.

Cara Perawatan Printer Agar Tidak Cepat Rusak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan printer agar tahan lama.

Setelah kalian selesai menggunakan printer dan berencana untuk berhenti menggunakannya dalam waktu dekat, tutupi dengan kain lembut atau penutup khusus printer. Apalagi di area yang kertasnya rawan debu dan kotoran.

Kotoran yang masuk dan menumpuk di area ini dapat menghalangi kertas. Setidaknya kotoran masuk dan menempel di print head. Kondisi ini jelas mempengaruhi kualitas cetak dan mengakibatkan kerusakan cepat pada head printer.

Jadi pastikan untuk membersihkan printer secara rutin. Setidaknya seminggu sekali.

Frekuensinya mungkin lebih sedikit jika kalian jarang menggunakan printer, tetapi selalu tutup.

Demikian teman-teman cara mengatasi warna tinta printer tidak sempurna dan cara perawatan printer agar tidak cepat rusak.

Baca Juga:

You May Also Like

About the Author: Aldino Rizki

Menyukai dunia bloging, aktif menulis informasi seputaran dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *