Cara Setting STB Indihome

cara setting stb indihome

Bingung ingin menggunakan layanan STB Indihome? Begini cara setting STB Indihome ZTE 4K dengan WiFi ke TV terbaru dengan mudah.

IndiHome merupakan salah satu penyedia layanan internet Telkom Indonesia. Secara umum, jika kalian menggunakan layanan IndiHome, biasanya kalian hanya perlu menggunakannya, jadi kalian tidak tahu cara menyiapkan atau menjangkau Wifi IndiHome.

Sebagai pelanggan IndiHome kalian harus menjadi konsumen yang cerdas, untuk mengetahui bagaimana cara Cara Setting STB atau Set Top Box IndiHome dengan wifi maupun dengan kabel LAN.

Jika kalian mengalami kendala pada layanan IndiHome, maka kalian coba perbaiki sendiri, sehingga tidak perlu menghubungi nomor 147 berkali-kali.

Bagaimana Setting STB Indihome?

setting stb indihome

STB Indihome memberikan layanan prima dan didukung oleh purna jual yang sebanding dengan harga bulanan yang harus kalian bayarkan, seperti pengajuan KPR bersubsidi yang memberikan banyak tambahan.

Untuk melakukan setting STB Indihome, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu kalian harus menyiapkan nomor internet dan menggunakan password TV yang bisa kalian dapatkan dengan cara menghubungi nomor 147 atau kalian bisa mendapatkannya melalui laporan instalasi yang biasanya diberikan oleh petugas Telkom saat melakukan instalasi layanan IndiHome di rumah kalian.

Biasanya kebanyakan orang pasti akan mengakses koneksi wifi useeTV menggunakan useeTV indihome, jadi jika kalian ingin menggunakan akses internet, kalian perlu mengubah pengaturan terlebih dahulu.

Kemudian, jika kalian ingin menggunakan useeTV lagi, kalian perlu mengubah pengaturan ke wifi useeTV. Tentu saja, hal seperti ini akan memakan waktu dan tidak efisien.

Apalagi bagi kalian yang sering berganti kebutuhan dari internet ke TV dan sebaliknya. Jika internet yang digunakan di rumah bersifat indihome, prosesnya akan semakin mudah. Menyiapkan STB indihome untuk internet dan useeTV sangat mudah dilakukan dengan cara konfigurasi STB Indihome.

Konfigurasi STB Modem Telkom Indihome ZTE 4K Ke TV

Sambungkan perangkat kalian terlebih dahulu, caranya seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama yaitu nyalakan TV dan STB.
  2. Silahkan hubungkan STB ke ONT (Fiber / Adsl Modem) dengan kabel LAN (STB pada port WAN dan ONT pada port LAN 4).
  3. Kemudian, sambungkan STB ke TV menggunakan kabel HDMI atau Audio / Video tergantung pada jenis TV kalian.
  4. Setel TV ke Audio / Video Input (RCA) atau HDMI tergantung jenis kabel yang digunakan sehingga TV dan STB dapat dihubungkan secara sistematis.
Baca Juga :  Cara Mengganti Background Foto

Pengenalan Tombol Remote STB

Setelah kalian menghubungkan perangkat-perangkat yang di butuhkan pada saat mengkonfigurasi UseeTV dan sudah mengerti fungsi dari tombol-tombol pada remote STB. Saatnya kalian melanjutkan ke langkah berikutnya.

Cloning Remote Control

Cloning Remote Control ini digunakan untuk menghubungkan remote STB ke TV kalian. Jadi TV kalian tidak perlu menggunakan 2 remote untuk konfigurasinya, hal ini akan lebih praktis dan tidak merepotkan.

Remote STB hanya dapat mengontrol pengaturan input / output TV dan kontrol volume TV. Jika kalian ingin mengganti program atau channel dari UseeTV, kalian bisa mengarahkannya ke STB.

Namun jika STB kalian hilang atau rusak, kalian bisa mendatangi kantor Telkom untuk mengganti remote STB dengan yang baru. Untuk cara mengkloning STB dan remote TV adalah sebagai berikut.

Setting DHCP, User, dan Password STB

Saat melakukan setting STB untuk layanan UseeTV kalian perlu menyiapkan nomor akun atau nomor internet dan kata sandi UseeTV. Cara pengaturannya sebagai berikut.

  • Tekan tombol set pada remote STB yaitu tombol untuk menaktifkan sistem konfigurasi STB pada remote STB dari penjelasan tadi, lalu masukkan password “6321”.
  • Kemudian pilih DHCP.
  • Pada kolom user dan password tidak usah diisi.
  • Selanjutnya isikan kolom akun dengan nomor internet dan password yang telah kalian siapkan sebelumnya.
  • Kemudian tekan OK.
  • Setelah itu kalian pilih Sistem Informasi kemudian masukkan Network Info untuk melihat alamat IP dari layanan UseeTV tersebut yaitu 10.x.x.x / 20, konfigurasi jaringan ini menunjukkan bahwa TV dan STB terhubung ke layanan UseeTV. Namun, jika mendapatkan IP address 192.168.x.x, itu artinya pengaturan jaringan pada Modem kurang baik, sehingga tidak terkoneksi dengan internet.
  • Jika menu EPG sudah muncul, sudah dipastikan bahwa layanan Unicast berhasil.
  • Lalu jika muncul layanan Live TV, berarti layanan Multicast telah berhasil.
  • Ketika layanan Multicast dan Unicast sudah berhasil, maka layanan UseeTV kalian berjalan dengan baik.

Jika kalian telah melakukan langkah-langkah tersebut dengan benar dan teliti, maka layanan UseeTV kalian akan bekerja dengan baik dan benar.

Namun jika terjadi error mungkin ada yang salah dalam penanganannya. Maka harus di setting ulang dengan lebih teliti lagi. Namun jika kalian ingin melakukan setting STB indihome kalian melalui sinyal wifi kalian bisa ikuti cara dibawah ini.

Cara Setting STB Indihome Dengan WiFi

Pada saat set top box (STB) indihome digunakan untuk menonton UseeTV kemudian ingin berganti lewat wifi internet, maka kalian perlu mengganti koneksi yang digunakan.

Hal ini akan terjadi berulang kali setiap kalian ingin beralih antara UseeTV atau menggunakan untuk internet. Jadi akan sangat merepotkan dan tidak praktis sama sekali. Ada cara untuk menggunakan STB pada TV dan Internet tanpa harus mengubah koneksi.

Baca Juga :  Cara Cek Nomor IM3 Indosat Ooredoo Terbaru 2020

Jadi kalian bisa menambahkan koneksi wifi. Sehingga kalian akan memiliki 2 koneksi yaitu menggunakan wifi dan LAN. Jadi pada nantinya kalian tidak perlu mengganti koneksi jika ingin beralih antara UseeTV dan internet. Berikut langkah-langkah untuk menyettingnya:

Cara setting STB Indihome dengan wifi.

  1. Langkah pertama, silakan masuk ke web admin modem
  2. Lalu sambungkan ke jaringan wifi dan cari alamat IP di bagian belakang modem.
  3. Kemudian ketik di browser web dan tekan enter.
  4. Setelah itu kalian akan diminta untuk mengisi user dan password. Biasanya juga tertulis di bagian belakang modem, silahkan dicek sendiri.
  5. Setelah berhasil masuk, pilih tab menu WAN. Kemudian klik pada koneksi IPTV, di bagian Binding Options pilih koneksi LAN4 untuk UseeTV. Kemudian klik saja Apply.
  6. Selanjutnya pilih menu tab Network Application dan klik IGMP Configuration. Pada opsi Enable IGMP pilih Yes dan IGMP Mode pilih Snooping lalu klik Apply.
  7. Hubungkan kabel LAN 4 ke Set Top Box (STB) Indihome. Buka UseeTV, pilih Pengaturan lalu pilih Jaringan. Kemudian setting jaringan nirkabel untuk internet dan jaringan kabel untuk UseeTV.

Sebenarnya setting Indihome STB dengan wifi dan UseeTV sangatlah mudah. Hanya saja beberapa caranya agak rumit. Untuk itu, kalian harus memperhatikan masing-masing dengan sangat cermat agar tidak ada langkah yang terlewat.

Jika pengaturan berhasil, kalian dapat dengan mudah dan leluasa menggunakan jaringan internet sekaligus UseeTV dengan nyaman tanpa takut terjadi kesalahan atau kendala lainnya.

Tetapi jika anda tetap tidak bisa mengkonfigurasi layanan UseeTV secara sendiri anda dapat menghubungi nomor 147 untuk melaporkan masalah atau gangguan kepada Kantor Telkom terdekat.

Cara Setting STB Indihome Dengan Kabel LAN

Untuk cara yang lainnya kalian dapat menggunakan bantuan kabel LAN untuk dapat menyambungkan ke STB Indihome. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Gunakan kabel LAN yang berbeda untuk membentuk koneksi LAN 4 ke Indihome STB.
  2. Pilih menu UseeTV.
  3. Klik pada bagian Pengaturan Jaringan sehingga kalian dapat mengatur pilihan jaringan.
  4. Untuk bagian nirkabel dari jaringan, tentukan koneksi internet yang akan diaktifkan.
  5. Kemudian kalian dapat memeriksa jaringan internet berfungsi dengan baik.
  6. Jika demikian, STB Indihome sekarang dapat terkoneksi ke Internet dan UseeTV.

Nah itulah artikel tentang Cara Setting STB IndiHome Telkom Indonesia dengan wifi dan kabel LAN dengan mudah yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Baca Artikel Lainnya:

You May Also Like

About the Author: Aldino Rizki

Menyukai dunia bloging, aktif menulis informasi seputaran dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *