Samsung resmi memperkenalkan Galaxy Book Odyssey dengan RTX 3050 (Ti).

Samsung kembali membawa kabar mengejutkan, khususnya bagi para pecinta notebook gaming. Akhirnya perusahaan asal Korea Selatan ini membuat gebrakan yang patut diacungi jempol.

GPU dari seri baru ini memang tidak diungkap secara resmi oleh pabrikan Nvidia, namun yang pasti seri ini dijuluki GeForce RTX 3050 (Ti). Kali ini, Samsung memimpin dalam pembuatan GPU dengan mengumumkan notebook gaming baru.

Notebook ini diberi nama Samsung Galaxy Book Odyssey yang diumumkan secara resmi pada hari Rabu melalui acara “Galaxy Unpacked”. Acara tersebut disiarkan langsung dengan pengumuman perangkat Samsung lainnya seperti Galaxy Book, Galaxy Book Pro, dan Galaxy Book Pro 360.

Meskipun kami tidak dapat memeriksa Samsung Galaxy Book Odyssey lebih detail, ada detail menarik tentang laptop gaming ini. Seperti yang terlihat dari lembar data, perangkat ini dilengkapi dengan Nvidia GeForce RTX 3050 (Ti) Max-Q yang sebelumnya tidak tersedia.

Salah satu rumor yang hilang dari perangkat Samsung baru adalah kurangnya data memori GDDR6, kemungkinan 4GB. Tentunya hal ini membutuhkan konfirmasi lebih lanjut untuk mendapatkan informasi yang akurat.

Secara kebetulan, ini bukan pertama kalinya pabrikan mengungguli Nvidia pada GPU. Lenovo baru-baru ini meluncurkan RTX 3050 dan RTX 3050 Ti. Nama-nama kartu grafis ini kemudian muncul di halaman produk notebook gaming baru Legion 5 Pro.
Penyimpanan yang dapat diperluas dan SSD

Di negara ini, portofolio notebook dari Samsung sangat jelas dan mungkin akan tetap demikian untuk saat ini. Meski belum jelas kapan dan berapa harga Galaxy Book Odyssey yang akan dirilis, ada sejumlah negara yang dikunci dari target pasar notebook tersebut.

Notebook 15,6 inci ini dilengkapi dengan LCD Full HD, RAM 8 hingga 32 GB, SSD nvMe hingga 1 TB, dan baterai 83 Wh. Dalam hal penyimpanan, Samsung telah mendorong untuk memperluas kapasitas di bagian depan itu.

Perangkat ini juga menyertakan port HDMI, dua USB-C, tiga USB-A 3.2, Ethernet, dan microSD. Prosesor Intel disebut-sebut merupakan turunan dari prosesor mobile Core i generasi ke-11, namun model mana yang akan diimplementasikan masih belum bisa dipastikan. CPU dari seri Tiger Lake H35 dengan empat atau bahkan delapan core akan segera mendapatkan penyegaran.

Tentunya dengan hadirnya Samsung Galaxy Book Odyssey sebagai notebook gaming baru, hal ini membawa angin segar bagi pecinta laptop gaming di seluruh dunia. Karena produk Samsung sendiri sudah memiliki penggemar setia tersendiri.

Sumber :