Cara Mengatasi Layar HP Flickering

cara mengatasi layar hp flickering

Penyebab layar HP flickering bergaris dan berkedip sering menjadi masalah, berikut tips cara mengatasi layar HP flickering 100% dijamin berhasil.

LCD atau layar pada Android merupakan bagian yang begitu sensitif pada smartphone Android, para penggunanya pun harus sangat berhati-hati saat menggunakannya.

Layar pada Android ini sering terjadi kerusakan seperti flickering atau terjadi gelombang pada layar HP. Jangan terburu-buru untuk membawa HP kalian ke konter HP, cobalah ikuti tips Cara Mengatasi Layar HP Flickering dengan metode yang akan dibahas dibawah.

Tips Memperbaiki Layar HP Flickering

layar hp flickering

Di era digital saat ini sudah banyak sekali pengaplikasian teknologi terhadap kehidupan sehari-hari, Android merupakan salah satu yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari hari.

Pandemi yang mengharuskan semua pelajar melakukan pembelajaran dirumah hingga para pelajar wajib memiliki HP Android yang digunakan sebagai pembelajaran.

Android merupakan teknologi buatan manusia yang artinya barang ini juga ada kalanya rusak atau tidak berfungsi dengan semestinya.

Penyebab layar HP flickering karena menempatkan HP di cuaca yang sangat panas dan saat kalian menggunakan aplikasi video yang membutuhkan kontras yang tinggi juga bisa jadi penyebabnya, bisa juga terjadi karena dari software dari perangkatnya sendiri.

Untuk memperbaikinya ada banyak berbagai cara yang dapat kalian ikuti, berikut ini kami sudah mengumpulkan cara mudah untuk mengatasinya.

1. Reboot Ponsel

Cara termudah untuk memastikan ini gangguan sementara adalah dengan menghidupkan ulang ponsel kalian terlebih dahulu. Melakukan hal ini akan menghilangkan semua layanan dan proses latar belakang pihak ketiga yang aktif.

Hal ini juga akan menyegarkan komponen ponsel kalian jika ada salah satu dari mereka yang macet selama melakukan tugasnya.

Setelah reboot dan tampilan tidak lagi flickering, kalian harus melanjutkan dan meninjau semua aplikasi terbaru yang telah kalian instal.

2. Boot Safe Mode

Sebagai alternatif, pengguna Android juga dapat mencoba beralih ke mode aman selama beberapa jam. Mode aman pada dasarnya memungkinkan kalian menggunakan ponsel dengan perangkat lunak asli yang dikirimkan bersama tanpa perubahan pihak ketiga dan aplikasi yang kalian unduh.

Tidak seperti pengaturan ulang pabrik, mode aman menyimpan data ponsel dan kalian dapat kembali ke penggunaan biasa kapan pun kalian mau.

Baca Juga :  Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi

Mode aman ini hanya untuk diagnostik dan tidak akan menyelesaikan masalah. Jika smartphone terus beroperasi dengan baik pada mode aman, kalian akan tahu dengan pasti bahwa ini adalah kesalahan perangkat lunak dan kalian harus menerapkan pengaturan ulang pabrik.

Untuk mem-boot ponsel kalian dalam mode aman di Android, tekan dan tahan tombol daya. Saat diminta sentuh dan tahan tombol matikan, ponsel kalian akan segera restart dalam mode aman. Kedipan seharusnya berhenti, untuk keluar dari mode aman ulangi prosedur memilih opsi restart.

Namun, kemungkinan prosesnya agak sedikit berbeda pada pengguna Android yang memiliki fitur khusus. Oleh karena itu, apabila cara yang disebutkan di atas tidak dapat berfungsi, lakukan dengan hubungi produsen perangkat kalian atau kunjungi situs web dukungan pada smartphone kalian.

3. Matikan Kecerahan Auto

Pengaturan pencahayaan otomatis yang bertanggung jawab dengan terus-menerus dapat mengubah penerangan layar berdasarkan dari sensor cahaya. Tetapi pembaruan perangkat lunak atau kerusakan perangkat keras dapat menyebabkan halangan tak terduga termasuk flickering.

Oleh karena itu, lakukan tindakan langsung lainnya yang dapat kalian lakukan adalah menonaktifkan opsi dari pilihan menu pengaturan.

4. Hard Reset

Mem-boot ulang atau restart adalah metode paling dasar yang dapat kalian lakukan untuk sebagian besar masalah yang menggunakan metode ini akan berhasil.

Namun, jika hal itu tidak memperbaiki tampilan yang flickering, langkah selanjutnya adalah menghapus semua yang ada pada ponsel kaloan sepenuhnya dengan melakukan hard reset. Itu akan mengembalikan ponsel kalian ke pengaturan pabrik dan menghapus cache.

Jadi jika ada data yang belum diproses yang menghambat fungsi ponsel kalian, tentu saja kalian harus mencadangkan ponsel tersebut sebelum melanjutkan jika ada yang ingin pulihkan nanti.

Di Android, kalian dapat mengatur ulang ponsel dengan menuju ke Pengaturan> Sistem, di sana masukkan Opsi Reset dan tekan Hapus Semua Data.

5. Cek Pembaruan

Mungkin saja halangan yang kalian hadapi muncul dari pembuatan perangkat lunak yang berantakan. Dalam situasi ini, cara terbaik adalah menunggu pembaruan dengan perbaikan atau menjelajahi forum pabrikan untuk solusi sementara.

Kalian dapat kembali ke formware lama yang diizinkan oleh beberapa perusahaan. Kunjungi halaman web dukungan perangkat kalian, ambil file formware tertanggal dan flash menggunakan alat pemulihan bawaan. Biasanya kalian akan menemukan petunjuk untuk melakukan ini di halaman dukungan

6. Ganti Opsi Pengembang

Kalian bisa mengubah opsi pengembang yang ada di pengaturan, di pengaturan gulir ke bawah ke tentang ponsel atau tentang perangkat.

Baca Juga :  Cara Transfer Pulsa 3 Ke Telkomsel Terbaru 2020

Masuk ke bagian tentang ponsel dan gulir ke bawah ke nomor build kalian. Ketuk sekitar enam kali atau lebih dan kalian akan mendapatkan pesan yang memberi tahu bahwa kalian sekarang memiliki akses pengembang.

Kembali ke menu pengaturan dan sekarang kalian akan berada di menu opsi Pengembang untuk digunakan.

Masuk ke opsi baru dan gulir ke bawah, jika tombol tampilkan pembaruan permukaan aktif maka ubah menjadi nonaktif. Kemudian cari menu nonaktifkan hamparan HW dan aktifkan opsi agar Android kalian hanya menggunakan GPU untuk pengomposisian layar.

Kelap-kelip layar terjadi ketika Android beralih antara GPU dan CPU untuk pekerjaan yang sama, tetapi mengaktifkan metode ini akan menghilangkan flickering pada layar HP.

7. Bawa Ke Profesional

Pilihan terakhir kalian tentu saja adalah menghubungi pabrikan perangkat pada smartphone kalian dan diperiksa oleh seorang profesional. Jika tidak ada teknik di atas yang berhasil, kemungkinan besar terjadi kegagalan perangkat keras.

Dalam berbagai hal kalian harus menyerahkan android kalian untuk diperbaiki. Tidak ada jaminan bahwa langkah-langkah tersebut dapat menyelamatkan android kalian. Meskipun OEM sudah memiliki solusi, kemungkinan besar itu tidak akan murah.

Banyak sekali masalah yang bisa timbul pada penggunaan Android, segala macam hal dapat terjadi karena teknologi ini hanya buatan dari manusia.

Bermacam-macam kerusakan yang bisa dialami Android, tergantung pada penggunaannya jika tidak berhati-hati akan mengakibatkan android kalian menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Apalagi LCD atau layar HP merupakan hal yang paling sering tersentuh, gunakanlah perangkat kalian dengan tepat jika ingin perangkat kalian bertahan lama. Jangan gunakan android saat dalam keadaan mengisi daya, karena banyak sekali resiko yang terjadi.

Tetap jaga android agar tetap stabil, jika perlu lakukan restart HP setidaknya 2 minggu sekali hal ini juga bisa membuat Android tetap stabil.

Cara diatas digunakan untuk flickering, namun semua hal diatas tidak menjamin android akan tetap bertahan. Jangan sesekali membongkar Android kalian jika tidak memiliki pengetahuan dasar untuk memperbaikinya, lebih baik bawa Android ke counter HP atau ke center ponsel yang ada di daerah kalian.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Layar Hp Flickering ini kami buat, semoga bermanfaat untuk kita semua, terimakasih sampai bertemu kembali.

Baca Artikel Lainnya:

You May Also Like

About the Author: Aldino Rizki

Menyukai dunia bloging, aktif menulis informasi seputaran dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *