Cara mengaktifkan 5G di iPhone 12 dan iPhone 13

Pengguna iPhone di Indonesia akhirnya bisa mengakses layanan 5G. Apple dilaporkan mulai meluncurkan pembaruan perangkat lunak untuk membuka kunci 5G.

Mengaktifkan 5G di iPhone juga dapat dilakukan melalui pembaruan “Perbarui Pengaturan Operator”.

Sebelum pembaruan, pengguna model iPhone tertentu tidak dapat mengakses layanan 5G meskipun fitur tersebut didukung secara teknis.

Ini karena tidak ada dukungan perangkat lunak untuk membuka kunci 5G di negara ini.

Model iPhone yang sudah mendukung layanan 5G di Indonesia antara lain iPhone 12 series (iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max) dan iPhone 13 series (iPhone mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro dan iPhone). 13) Promaks).
Berita Terkait: Ini adalah kebocoran Apple Iphone 13 ketika dirilis pada tanggal 14. Warna pinknya ada?

Kedua jalur tersebut didukung oleh pita 2,3 GHz, yang digunakan Telkomsel untuk peluncuran 5G.

Update Carrier Settings umumnya muncul secara otomatis di layar utama perangkat iPhone. Pengguna memiliki opsi untuk mengklik tombol “Perbarui” atau “Tidak Sekarang”.

Pemberitahuan pembaruan pengaturan operator muncul di iPhone 12. (MakeMac)

Saat siap membuka kunci perangkat lunak 5G di perangkat, pengguna dapat mengklik tombol segarkan pada notifikasi yang muncul.

Lalu bagaimana jika Anda sudah menekan tombol “Now Now”? Cara mengaktifkan 5G di iPhone 12 dan iPhone 13.

Pengguna dapat mengunduh pengaturan operator secara manual dari menu Pengaturan. Cara ini dapat dilakukan jika sebelumnya pengguna telah mengklik tombol “Not Now”.
Cara mengaktifkan 5G di iPhone 12 dan iPhone 13

Dari menu Pengaturan, klik Umum > Tentang.
Kemudian pilih opsi Perbarui pengaturan operator dan klik tombol "Perbarui" untuk mulai mengunduh pembaruan.
Sejauh ini terpantau pengguna kartu SIM Telkomsel dapat menikmati layanan 5G di perangkat iPhone 12 dan 13. Kode pembaruan operator terbaru Telkomsel yang mendukung 5G adalah 49.1.0.

Setelah Carrier Settings Update berhasil diunduh dan diinstal di perangkat, pengguna dapat langsung mengubah koneksi jaringan internet dari 4G ke 5G di iPhone 12 dan iPhone 13 dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Buka menu "Pengaturan" dan pilih opsi "Seluler".
Selanjutnya, masukkan nomor Telkomsel lalu masuk ke bagian “Suara & Data”.
Pengguna akan menemukan opsi pengaturan 5G On, 5G Auto dan 4G dan VoLTE.
Pilih opsi 5G Auto untuk memungkinkan perangkat secara otomatis mengalihkan akses jaringan Internet ke 5G ketika memasuki area yang didukung 5G.

Perlu ditekankan bahwa untuk mengakses Internet 5G, pengguna harus menggunakan operator seluler dan berada di area yang sudah mendukung konektivitas 5G.
Berita Terkait : Apple Diam-diam Berikan Paten Iphone Material All-Glass?

Jika area tersebut tidak tercover 5G Telkomsel, maka mode seluler yang akan Anda dapatkan adalah 4G. Informasi cakupan 5G Telkomsel dapat dilihat pada tautan berikut.

Sejauh ini belum diketahui apakah iPhone 12 series dan iPhone 13 series bisa mengakses layanan 5G dari operator lain atau tidak.

Selain Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison dan XL Axiata belum lama ini meluncurkan 5G secara komersial di Indonesia.

Sementara itu, Indosat Ooredoo Hutchison menggunakan pita 1.8GHz (n3) untuk meluncurkan layanan 5G secara komersial, dengan pita tersebut juga tersedia di iPhone 12 series dan iPhone 13 series.

Sumber :