Cara Mengatasi USB OTG Tidak Terbaca

otg tidak terbaca

Solusi Usb Otg Tidak Terbaca Di Android- Semakin hari smartphone menjadi semakin canggih. Hal ini dibuktikan dengan adanya fitur transfer data via flashdisk ke ponsel dan sebaliknya melalui USB OTG yang merupakan singkatan dari On-The-Go.

USB OTG adalah teknologi baru yang memungkinkan kita membaca dan membuka file dari flash drive di ponsel dengan konverter USB bernama OTG.

Karena masih terbilang baru, teknologi ini masih sering mengalami kendala, salah satunya adalah Usb Otg Tidak Terbaca Di Android.

Hal tersebut akan membuat Anda mengira bahwa flashdisk yang tidak terhubung diakarenakan rusak atau kabel OTG yang rusak bahkan hp android Anda bermasalah. 

Jangan terburu-buru berspekulasi, biasanya penyebab dari masalah ini adalah sistem penyimpanan flashdisk yang akan dihubungkan tidak sesuai dengan smartphone sehingga flashdisk sulit untuk dibaca. Memang muncul notifikasi Android dan Flashdisk, tapi flashdisk tidak bisa digunakan. 

Fitur USB OTG bisa dinikmati oleh pengguna smartphone Android mulai dari versi Kitkat, Lolipop, Marsmallo, Nougat, Oreo, Pie atau di atasnya. Tak hanya itu, masih ada syarat lainnya yaitu smartphone yang digunakan harus support USB 2.0 On-The-Go.

Jika Anda tidak memenuhi keduanya, maka ponsel Anda dipastikan tidak akan bisa menikmati fitur transfer file melalui flashdisk. 

Namun yang jelas, masalah USB OTG yang tidak terdeteksi pada hp android ini bisa terjadi di hp merk apapun entah itu Samsung, Oppo, Xiaomi, Realme, Vivo, Asus, Infinix dan lain sebagainya.

Sebagian besar pengguna mengira bahwa masalah ini ada di flashdisk. Namun faktanya ada banyak faktor yang membuat USB OTG tidak terbaca. Akibatnya, pengguna tidak bisa membaca file di flashdisk atau memindahkan file dari flashdisk itu sendiri. 

Penyebab Masalah OTG USB Tidak Terdeteksi di HP 

OTG USB Tidak Terdeteksi di HP

Masalah yang terjadi pada hp pasti memiliki faktor penyebabnya. Begitu juga masalah USB OTG tidak terdeteksi pada HP Android yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Mengetahui penyebab masalah akan memudahkan Anda dalam menentukan langkah-langkah untuk memperbaikinya. Biasanya USB OTG tidak terdeteksi saat flashdisk dicolokkan karena hal-hal berikut ini. 

  1. Kabel OTG rusak. 
  2. Antarmuka USB atau OTG bermasalah. 
  3. Flashdisk yang tidak lagi berfungsi. 
  4. Ada perangkat lunak di ponsel yang memiliki bug. 
  5. Versi Android yang belum mendukung OTG. 
  6. Merk falshdisk tertentu yang tidak terbaca. 
  7. Ponsel yang tidak dilengkapi fitur USB OTG. 
Baca Juga :  Cara Mengatasi Layar HP Flickering

Kamudian cara untuk mengetahuinya apakah ponsel Anda mendukung USB OTG yaitu unduh dan instal aplikasi bernama USB OTG Checker di Google Play Store.

Setelah berhasil buka dan jalankan aplikasinya. Kemudian akan muncul checklist jika ponsel Android Anda mendukung fitur OTG 

Cara Mengatasi OTG yang Tidak Bisa Terbaca

USB OTG yang tidak bisa dibaca oleh ponsel memang cukup merepotkan dan membuat kurang nyaman, apalagi jika Anda perlu mentransfer file melalui flashdisk.

Jika saat ini Anda mengalami masalah USB OTG tidak terdeteksi di HP Android, sebaiknya lakukan beberapa langkah untuk memperbaikinya sebagai berikut: 

Perikasi kabel USB OTG

Langkah pertama untuk menyelesaikan masalah USB OTG yang tidak terdeteksi pada ponsel Android adalah dengan memeriksa kabel OTG.

Karena kecil dan mudah patah, kabel ini sering bermasalah jika tidak sengaja tertarik atau terlipat. Cara termudah untuk memeriksanya adalah dengan mencobanya di ponsel lain.

Jika beberapa ponsel tidak bisa, berarti ada masalah dengan kabelnya. Sebaiknya beli USB OTG tanpa kabel biar lebih awet saat dipakai. 

Kemungkinan Interface OTG rusak

Selain kabel rusak, ada kemungkinan lagi USB OTG bermasalah tidak bisa terbaca di hp, ada interface OTG yang rusak. Interface adalah bagian colokan OTG yang dimasukkan ke telepon USB.

Interface pada OTG sendiri juga bisa bermasalah, tetapi kasus ini jarang terjadi. Masalah ini berlaku untuk pengguna OTG nirkabel. Cara mengetahuinya sama saja yaitu dengan mencobanya di smartphone lain dengan tipe USB yang sama.

Jika tidak bisa, berarti ada masalah pada interface OTG. 

Restart Ulang Smartphone

Kalau biasanya saat Anda pasang flashdisk ke hp langsung terbaca, tapi tiba-tiba kali ini flashdisk tidak terdeteksi oleh sistem android, coba restart hp dulu.

Reboot akan membuat sistem operasi menjadi fresh sehingga semua fungsi menjadi normal kembali. Beberapa system crash juga menyebabkan hardware yang terpasang tidak terdeteksi oleh ponsel.

Cara ini terkadang bisa menjadi solusi untuk masalah USB OTG tidak terdeteksi di smartphone. 

Periksa Flasdisk

Jika USB OTG yang Anda gunakan masih normal. Artinya masalah USB OTG tidak terdeteksi oleh hp android ini di flashdisk. Anda bisa mengecek kesehatan flashdisk melalui PC, baik itu laptop maupun komputer yang Anda miliki.

Baca Juga :  Cara Transfer Pulsa 3 Ke Telkomsel Terbaru 2020

Coba perhatikan flashdisk anda dibaca oleh PC atau tidak. Periksa juga apakah format flash standar (FAT atau FAT32). Terkadang, flashdisk dengan format NTFS membuat ponsel tidak bisa membaca dan mendeteksinya. 

Mencoba Flashdik Lain

Terakhir, Anda bisa mengganti flash disk yang bermasalah dengan flashdisk lain yang masih normal. Anda juga dapat mencoba menggunakan flash dari merek lain karena flash drive merek tertentu tidak dapat dibaca oleh sistem Android.

Hal ini dikarenakan merk flashdisk tidak mendukung kernel pada saat digunakan pada antarmuka OTG sehingga USB OTG tidak terdeteksi. Anda meminjam flashdisk teman, teman, keluarga atau kerabat Anda untuk mencobanya.

Solusi USB OTG yang Tidak Bisa Dibaca Oleh Sistem Android

Jika Anda memiliki masalah dengan USB OTG yang terdeteksi tetapi tidak terbaca oleh sistem Android, maka Anda memerlukan solusi yang berbeda.

Biasanya masalah ini disebabkan oleh masalah pada software yang harus kita perbaiki sedikit. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah USB OTG tidak terbaca padahal perangkat yang masuk sudah terdeteksi oleh sistem. 

OTG Trobleshooter

Untuk mengatasi masalah USB OTG tidak terdeteksi oleh sistem android disini, anda memerlukan bantuan software atau software bernama OTG Troubelshooter.

Dengan bantuan aplikasi ini Anda dapat mendeteksi apakah perangkat yang Anda gunakan sudah mendukung OTG atau tidak sekaligus dapat mendeteksi apakah antarmuka atau kabel OTG bermasalah atau tidak.

Terkadang kerusakan antarmuka data membuat flash drive terdeteksi tetapi datanya tidak dapat terbaca. 

Format Flashdik

Ketika ponsel Anda tiba-tiba tidak dapat membaca flashdisk Anda, Anda dapat menyelesaikan masalah USB OTG yang tidak terdeteksi ini dengan memformat ulang flash disk.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan backup datanya terlebih dahulu agar tidak hilang. Anda dapat melakukan format ini melalui laptop atau komputer.  

Itulah beberapa cara mengatasi Usb Otg Tidak Terbaca Di Android. Jika bagian perangkat keras rusak, Anda perlu membeli konverter OTG USB baru.

Namun jika Anda mengalami masalah dengan sistemnya, maka Anda dapat melakukan sedikit perbaikan dengan menerapkan langkah-langkah di atas. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

You May Also Like

About the Author: Aldino Rizki

Menyukai dunia bloging, aktif menulis informasi seputaran dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *